Apa Cisco Networking Academy Program Itu ?


Latar Belakang
Internet working merupakan suatu abstraksi yang kuat yang memungkinkan pembahasan kompleksitas dari teknologi komunikasi beragam. Dengan menyembunyikan detail dari setiap perangkat keras jaringan dan menyediakan suatu keadaan komunikasi tingkat tinggi. Tujuan utama dari internet working adalah interoperabilitas yang maksimun, yaitu me-maksimalkan kemampuan program pada sistem komputer yang berbeda dan sistem jaringan yang berbeda untuk berkomunikasi secara handal dan efisien. Dalam tulisan ini, saya berusaha mengenalkan Cisco system yang bergerak di bidang internet working agar user secara global dapat, setidaknya tahu atau mengenali tentang peranan Cisco system dalam dunia networking.



·Cisco Networking Academy
Program disingkat CNAP,Merupakan program kerjasama penyelenggaraan profesional traning antara Cisco System,Inc. dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi terkemuka yang ada di seluruh dunia, untuk menghasilkan tenaga profesional Teknologi Informasi di bidang networking (Jaringan Komputer) dan internet dengan pengakuan keahlian secara Internasional. 

·Cisco System itu perusahaan apa?
Cisco System,Inc. adalah perusahaan produsen perangkat keras jaringan komputer (seperti router, switch,hub,gateway,dsb) yang berkantor pusat di  San Jose, California, Amerika Serikat.  Seperti halnya Microsoft yang menjadi pasar dunia di bidang perangkat keras jaringan komputer. Saat ini Cisco System yang berdiri tahun  1984 telah beroperasi di 100 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia sejak tahun 1995.

·Apa tujuan dari CNAP?
Profesional traning CNAP bertujuan untuk mengantarkan anda menjadi ahli serta terampil dalam merancang,membangun, dan memelihara jaringan komputer & internet. Program ini mengutamakan penguasaan sistem dan teknologi jaringan komputer & internet, mulai dari instalasi kabel sampai strategi pengembangan jaringan.

·Sertifikasi apa yang dapat diperoleh dari CNAP?
Profesional traning CNAP akan mempersiakan anda untuk memperoleh Cisco Career Certifications, yaitu sistem sertifikasi networking profesional paling di hargai di dunia dan secara umum telah menjadi standar recruitment karyawan perusahaan Teknologi Informasi dunia.
Sistem sertifikasi ini dibagi menjadi tiga tingkatan:
·         CCNA ( Cisco Certified Networking Associate )
·         CCNP ( Cisco Certified Networking Profesional )
·         CCIE  ( Cisco Certified Internetworking Expert )







 ·Sejarah Cisco Router
Cisco router adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau WideArea Network (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatuLAN ke LAN lainnya, Cisco router menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat.Untuk itu, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti  komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu ROM, RAM, NVRAM dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula dengan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS).Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri-sendiri sebagai berikut :
1.      ROM berguna untuk menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS image.
2.      RAM berguna untuk menyimpan running configuration dan dan sistem operasi IOS yangaktif.
3.      NVRAM berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration).
4.      FLASH berguna untuk menyimpan IOS image. Dengan menggunakan FLASH, IOS versi baru dapat diperoleh dari TFTP server tanpa harus mengganti komponen dalam router.

·Macam- macam Cisco Router
Perusahaan cisco membuat router dengan berbagai seri dan model untuk berbagai kelas atau tingkat penggunaan, seperti :
1.      Cisco Router Tipe Fixed Tingkat Akses
§  Cisco router 700 series
§  Cisco router 801-804
§  Cisco router 805
§  Cisco router 811 dan 813
§  Cisco router 827
§  Cisco router 1000 series
§  Cisco router 2000 series
§  Cisco router 2500 series
§  Cisco router 3000 series
b. Cisco Router Tipe Modular Tingkat Akses
§  Cisco router 1600 series
§  Cisco router 1720 dan 1750
§  Cisco router 2500 series
§  Cisco router 2600 series
§  Cisco router 3600 series
§  Cisco router 4000 seriesc.
Cisco Router Tipe Modular Tingkat Inti
§  Cisco router 7000 series, untuk enterprise
§  Cisco router 10000 dan 12000 series, untuk enterprise
Umumnya perusahaan cisco memberikan nomor model dengan angka kecil seperti ciscorouter model 700 untuk jaringan WAN sederhana untuk dipakai oleh perusahaan kecil.Sedangkan nomor dengan angka yang besar seperti cisco router model 12000 digunakan untuk  jaringan WAN kompleks yang dipakai oleh perusahaan besar. Cisco router tipe fixed mempunyaiinterface tetap yang tidak dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan pemakai. Umumnya ciscorouter jenis modular harganya jauh lebih mahal, tetapi lebih fleksibel dalam penggunaanya.Cisco router 2500 series tersedia dalam bentuk tipe fixed maupun modular.Setiap router biasanya mempunyai dua Synchronous Serial port DB-60 (Serial0 danSerial1) untuk hubungan WAN, satu ethernet port DB-15 (AUI) untuk hubungan LAN, satuConsole port RJ-45 untuk akses langsung ke sistem router dan satu Auxiliary Port RJ-45 (AUX)untuk akses ke sistem router dengan modem.

· Pemanfaatan Cisco Router dalam Jaringan
Cisco IOS
Suatu komputer tentu memerlukan system operasi seperti Disk Operating System (DOS) atau UNIX untuk mengatur kerja dan konfigurasi computer tersebut. Demikian pula halnya dengan Cisco Router, perangkat ini dilengkapi pula dengan cisco IOS (Internetwork Operating System), yaitu suatu system operasi yang berfungsi untuk mengatur dan mengkonfigurasi Cisco  router. Seperti system operasi DOS atau UNIX untuk komputer, Cisco IOS menggunakan perintah baris (command line) untuk menjalankan suatu perintah. Seperti DOS atau UNIX, CiscoIOS dikeluarkan dengan berbagai macam versi untuk berbagai macam peralatan buatan Cisco. Berbagai versi yang dikeluarkan itu juga di maksudkan untuk menyempurnakan kegunaannya dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu dalam menggunakan Cisco router, perlu diperhatikan versi IOS yang akan dipakai. Perintah- perintah yang berfungsi dalam suatu versi untuk suatu peralatan atau model mungkin tidak dapat digunakan pada suatu peralatan atau model lainnya. Demikian pula perintah-perintah yang berfungsi dalam suatu versi baru mungkin tidak berfungsi dalam versi lama.
Cara membuat konfigurasi awal
Konfigurasi awal (start-up Configuration) adalah suatu file yang berguna untuk menentukan bagaimana Cisco router diatur pada saat boot. System configuration dialog secara otomatis akan membantu dalam membuat konfigurasi awal bagi peralatan router yang belum memiliki konfigurasi awal sewaktu router dihidupkan. Jika ingin menggunakan system configuration dialog hubungan kabel ke jaringan WAN harus dilepaskan dulu sebelum peralatan router dihidupkan, sampai konfigrasi awal selesai dibuat. Jika hubungan ke jaringan WAN tersedia, router akan menjalankan Autoinstall. Setelah sistem konfiguration dialog muncul di layar, kemudian mengisi pertanyaan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya : nama router, password, banner, IP address dll.

·Routing
Routing adalah proses dimana suatu router memforward paket ke jaringan yangdituju.Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju oleh paket. Semua router menggunakan IP address tujuan untuk mengirim paket. Agar keputusan routing tersebut benar, router harus belajar bagaimana untuk mencapai tujuan. Routing dibagi menjadi 2 tipe, routingstatic dan routing dinamic. Perbedaan antara static dan dinamic :
1.      Static routing
Dikonfigurasi secara manual. Routing tabelnya diset manual dan disimpan dalam router. Tidak ada informasi sharing diantara sesama router. Hal ini mengakibatkan keterbatasan yang jelas karena ia tidak dapat secara otomatis menentukan route terbaik; ia selalu menggunakan rute yang sama yang kemungkinan bukan rute terbaik. Jika route berubah, static router harus diupdate secara manual. Karena static router menyediakan control penuh pada routing tabelnya, ia lebih aman dibanding dynamic router.
2. Dynamic routing
Mampu membuat routing tabelnya sendiri dengan berbicara ke sesama router. Untuk melakukannya ia menemukan route dan route alternatif yang berada pada network. Dynamic router bisa membuat keputusan pada route yang mana sebuah paket mencapai tujuan. Umumnya ia mengirimkan paket ke route yang paling efisien; salah satu yang menghasilkan jumlah hop lebih sedikit. Bagaimanapun, jika route macet, dynamic route dapat mengirimkan paket ke route alternatif.

SHARE

Muhamad Raihan

You can find me on

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment