C-THRU high-tech masker pemadam kebakaran

  



    Asap merupakan musuh utama bagi petugas pemadam kebakaran (damkar) saat memadamkan api, terlebih lagi apabila asap itu mengandung zat beracun seperti karbon monoksida,Hidrogen sianida, dan Hidrogen sulfide yang merupakan zat kimia hasil pembakaran yang mampu menganggu pernafasan, dan penyebab utama kematian saat kebakaran karena keracunan karbon monoksida dari ketimbang luka bakar akibat api.


   Designer Turkish Produk  yaitu Omer Haciomeroglu datang dengan inovasi baru yaitu “C-Thru Smoke Diving Helmet” dimana masker/helm ini dirancang penuh untuk misi pencarian dan penyelamatan.Helm ini memiliki alat bantu pernafasan,system komunikasi dan kamera suhu /thermal imaging.

    C-Thru akan mengirim data visual melalui sinyal wireless,sehingga rangka dan gambar 3D dapat dilihat melalui helm secara nyata/real time. Helm ini juga dapat memeriksa kesehatan korban saat kebakaran dan menganalisis nya secara langsung. Pada sarung tangan petugas damkar juga diberi aplikasi untuk berkomunikasi,memeriksa kandungan asap disuatu ruangan,kondisi tubuh petugas damkar itu sendiri.


Namun sayangnya C-thru ini masih dalam bentuk prototype dan belum dalam tahap produksi , namun Haciomeroglu sedang mencari sponsor untuk mengembangkan proyek ini seperti yang dia katakana It’s still a concept-level design, but it’s feasible” dan juga “Firefighters are rightly proud of how they work. But at umea they were happy to see how technology could help them.


   Menurut saya mungkin alat ini nanti-nya tidak hanya akan digunakan untuk petugas pemadam kebakaran saja,melainkan seperti polisi,pilot dan pekerjaan lainya, dan peluncuran alat ini secara global dperkirakan kurang dari tahun 2050.
SHARE

Muhamad Raihan

You can find me on

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments: