Darah dan Perananya di Tubuh


Hai Guys,bertemu lagi di Blog Makarith ini :D, Kali ini mimin mau membahas seputar kesehatan, yaitu “Darah Merupakan Sebuah Cairan yang ISTIMEWA” .
Darah merupakan suatu cairan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, manusia tidak bisa hidup tanpa adanya sel darah merah maupun sel darah putih dan juga bagian lainya. Darah pada manusia yaitu Berwana Merah, yang disebabkan oleh Hemoglobin. Jadi apabila darah kalian bukan merah berarti bukan manusia yaa,hehehe :D
 Darah memiliki beberapa peranan penting bagi kehidupan,seperti ;
  1. Pengangkut Oksigen


Sel darah merah sebagai fungsi pertama yaitu untuk mengangkut oksigen yang di alirkan ke bagian otak, banyangkan apabila darah yang di alirkan ke otak tidak mengangkut oksigen , maka tubuh kita pun akan terjadi pusing dan fatalnya menyebabkan kematian.
Keika darah kita berwarna merah terang, ini bertanda oksigen pada tubuh kita sudah tercukupi, sebaliknya apabila warna dari darah kita merah gelap/pekat ini berarti kita kekurangan oksigen.

2.  Mengangkut bahan bakar

Mungkin ada yang bertanya “mengapa darah mengangkut bahan bakar?memangnya kita mesin?” ya betul kita mengangkut sebuah bahan bakar yang disebut dengan plasma, plasma merupakan larutan yang terkandung dalam darah,dimana 55% bagian darah ialah plasma.
Pada plasma darah terkandung banyak sekali zat zat yang diperlukan dalam tubuh,seperti glukosa,larutan protein, ion mineral, dan lain lain. Dan juga pada plasma darah terkandung zat zat dari sesuatu yang kita makan, apabila kita terlalu banyak memakan karbohidrat, maka kandungan glukosa nya akan tinggi di plasma darah tersebut.
“Metabolomik” Merupakan sebuah alat yang berguna untuk melihat jumlah kandungan zat yang terkandung dalam Plasma darah. Alat ini telah dikembangkan oleh para ahli dan merupakan sebuah penemuan besar.
Hal ini lah yang membuat banyak hewan mengkonsumsi darah manusia sebagai

3.  Aliran

Darah sendiri akan terus mengalir pada tubuh kita selama jatung kita tetap berdetak, darah yang mengalir perhari sekitar 240 L. bayangkan berapa banyak nya darah yg terus mengalir setiap saat pada tubuh kita.
Aliran darah yang mengalir di tubuh kita sangat lah cepat, hal ini berperan penting bagi pengangkutan oksigen pada tubuh seluruh tubuh kita, banyangkan saja bila aliran pada darah kita lambat , maka akan terjadi pusing, dan banyak gejala lainya.

4. Pertahanan

Tentu kita sudah mengetahui darah berperan penting bagi pertahanan utama ketika luka, yang berperan kali ini bukan lah plasma darah,melainkan Leukosit(sel darah putih) ,leukosit sendiri merupakan imun imun kecil yang sangat bertanggung jawab akan pertahanan pada tubuh kita, contoh nya saja apabila terkena flu maka imun imun ini akan berperang melawan virus virus yang menyerang tubuh kita.
Ketika kita berada pada saat yang memacu adrenaline maka imun imun yang ada pada tubuh kita akan bereaksi sekaan kita akan mengahadapi sebuah  bahaya,dan imun imun itu akan meningkat pada jaringan darah kita.Kita tidak menyadari bahwa leukosit ini sangan membantu di tubuh kita ya :D

5. Penyembuhan 

Kali ini bukan lah tugas dari si leukosit untuk melakukan penyembuhan pada luka yang terjadi di tubuh kita, melainkan trombosit(Sel darah merah) lah yang berperan penting kali ini. Contoh nya saja ketika kita terluka, apabila tubuh kita tidak memiliki trombosit maka luka yang terjadi pada tubuh kita akan mengeluarkan darah sebanyak 5 liter karena kecepatan darah yang mengalir pada tubuh kita. Namun ketika adanya trombosit pada darah kita maka luka/darah yang keluar tubuh kita akan segera terhenti , trombosit akan mengeluarkan untaian untaian seperti  jarring agar darah kita tidak mengalir keluar terlalu banyak.

Dari peranan darah bagi tubuh kita dia atas dapat disimpul kan bahwa darah merupakan cairan yang sangat luar biasa bagi kita, kita tidak bisa memberinya penghargaan , namun cukup dengan merawat diri kita..
Semoga postingan ini bermanfaat , salam Makarith :D


SHARE

Muhamad Raihan

You can find me on

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment