Cara Instalasi OS Mikrotik

Cara untuk Instalasi Mikrotik


Hai sahabat Makarith :D,
 Kali ini kita akan mencoba untuk meng-install router pada mikrotik. Mikrotik tidak hanya tersedia untuk produk produk Hardware,melainkan terdapat produk software yang berupa System Operasi (OS) yang dapat di install melalui PC. Dan pada PC router juga terdapat kelebihan yang didapatkan,seperti kita dapat mengupgrade spesifikasi PC sesuai kebutuhan kita, dan kita juga bisa upgrade prosessor kita apabila sudah terlalu dibebani. Dan masih banyak beberapa kelebihan apabila menggunakan “PC router”. PC router sendiri yaitu sebuah PC yang dapat dijadikan Route, PC yang akan digunakan tidak akan bisa dijalankan seperti pada hal umumnya, namun akan digunakan untuk menjalankan service dalam jaringan.
Sekarang setelah mengenal apa itu “PC router” dan “keuntungan” dari router Mikrotik kita akan mencoba installasi nya, Cekidott...
  • Siapkan PC untuk dijadikan Router,diusahakan kita menggunakan Spesifikasi yang mendukung untuk dijadikan sebagai Routernya.
  • Selanjutnya kita harus menginstall PC dengan Mikrotik OS. Berikut langkah-langkahnya ;
1.       Download CD Image Mikrotik OS dalam format ISO,kalian dapat mendownload nya “DISINI”

2.       Burn File ISO Mikrotik OS nya menggunakan Ultra ISO atau Nero.

3.       Jika CD Mikrotik OS sudah siap, set BIOS PC Router booting via CD ROM dan masukkan CD Mikrotik OS kedalam CD ROM.

4.       Apabila PC Router sudah siap di Booting,maka akan muncul tampilan seperti ini ;
(sumber : http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=113 )

5.       Disini kita diminta untuk memilih paket mikrotik OS yang akan diinstall. Minimal paket “system”. Untuk memilih opsi opsi menu dapat menggunakan tombol arah panah pada keyboard dan tekan spasi untuk memilih paket. Apabila sudah yakin dapat menekan “i”.

6.       Setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan, sepeti apakah akan menyimpan konfigurasi yang sudah ada ?, karena kita install fresh maka ketik "n". Akan muncul juga peringatan bahwa semua hardisk akan di format. jadi Mikrotik OS tidak dapat dibuat doal booting, atau lebih dari satu OS dalam PC Router. Mikrotik akan menformat dan menggunakan semua resource hardisk yang ada.

7.       Apabila sudah yakin maka tekan “Y” pada pertanyaan “Continue?”. Maka PC akan memulai proses instalasi Mikrotik OS.


8.       Jika proses Instalasi sudah selesai maka tekan “Enter” untuk restart dan kembalikan setting booting pada BIOS melalui Harddisk.

Dan proses Instalasi-pun sudah selesai, dan Router pun dapat digunakan. Dan ada beberapa hal tambahan yang perlu diketahui, yaitu untuk lisensi penggunaan produk dari routernya . Berikut penjelasannya ;
Setelah proses installasi selesai, tampilan pertama yang akan mucul adalah halaman login router Mikrotik. Secara default username administrator mikrotik adalah "admin" tanpa tanda kutip, dengan password dikosongkan

By default setelah Anda install Mikrotik OS pada PC, Anda sudah bisa menggunakan Mikrotik dengan lisensi level 0 (trial). Dimana kita bisa menggunakan semua fitur mikrotik namun dibatasi selama 24 jam. Pembatasan waktu ini bersifat akumulasi, artinya jika baru 2 jam dinyalakan lalu dimatikan, masih bisa digunakan walaupun 2 hari kemudian selama akumulasi waktu aktif mikrotik belum mencapai 24 jam. 

Adapun Untuk lisensi Demo sebagai berikut :
  Bagaimana apabila kita ingin menggunakan router lebih dari 24 Jam?, jangan khawatir ternyata mikrotik juga menyediakan level 1 (demo) yang tentu saja bisa didapatkan secara gratis.  Level 1 tidak memiliki batasan waktu dan dapat digunakan selama hardware router masih normal. Akan tetapi ada beberapa batasan pada fitur tertentu, misal fitur firewall dan queue yang dibatasi maksimal 1 rule. Untuk mendapatkan lisesi level 1, kita harus memiliki account di Mikrotik.com 
Pada halaman account setelah login, akan ada opsi “Make Demo Key”.  Jika kita klik kita akan diminta memasukkan soft-id router. Soft-id bisa kita lihat melalui menu System License. Setelah soft-id router kita tambahkan, klik next dan kita akan mendapatkan lisensi demo. 


Akan muncul halaman baru yang menampilkan informasi key lisensi level demo yang digenerate berdasarkan soft-id router. 


Select dan copy kode lisensi mulai dari tanda "--" awal sampai akhir, dan masukkan kedalam router dengan cara klik tombol Paste Key di menuSystem --> License. Router akan restart, dan setelah kembali up, cek di menu System -->License


Selesai reboot, kita sudah mendapatkan lisensi level 1 untuk bisa bermain dengan mikrotik lebih lama. Jika sudah cocok dan yakin untuk menggunakan PC Router Mikrotik, jangan lupa upgrade ke lisensi 4, 5, atau 6 supaya bisa menggunakan feature Mikrotik dengan optimal.

Berikut tadi merupakan tahapan untuk menginstall Router Mikrotik dengan PC.
Semoga Artikel ini membantu :D  


SHARE

Muhamad Raihan

You can find me on

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment